Rabu, 07 Oktober 2015

sapaan dalam bahasa arab mudah di faham

بسم الله الرحمن الرحيم

 

          السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Mari menyapa

 Dalam bahasa Arab terdapat banyak kata sapaan yang bisa kita gunakan. tapi kita tetap harus jeli memilih kata pas kita ucapkan. Terlebih lagi dalam perkenalan. Kita berusaha memberi kesan yang baik terhadap orang yang baru kita kenal. Dengan demikian, perkenalan atau sapaan akan berlangsung dengan baik. Untuk itu mari kita kaji bersama kata sapaan yang baik dan benar :
A.      Sapaan Islam (umum)
Sapaan (salam) ini bisa kita ucapkan saat kita bertemu siapapun dan apapun keadaanya. Ucapannya adalah السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ   (semoga keselamatan dan rahmat Alloh atas kalian). jawabannya adalah وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (semoga keselamatan dan rahmat Alloh atas kalian).
B.      Sapaan Pada Waktu Pagi
Sapaan ini diucapkan ketika bertemu seseorang pada waktu pagi hari. ucapan termashur adalah صَبَاحُ الْخَيْرِ (selamat pagi) jawabannya adalahصَبَاحُ النُّوْرِ   (selamat pagi)
C.      Sapaan Pada Waktu Siang
Sapaan ini diucapkan ketika bertemu seseorang waktu siang hari. Ucapannya adalah  نَهَارُكَ سَعِيْدٌ (selamat siang) jawabannya adalah سَعِيْدٌ مُبَارَكٌ  (selamat siang)
D.      Sapaan Pada Waktu Sore
Sapaan ini diucapkan ketika bertemu seseorang pada waktu sore hari. Ucapannya adalah  مَسَاءُ الْخَيْرِ   (selamat sore) jawabannya adalah مَسَاءُ النُّوْرِ (selamat sore)
E.       Sapaan Ketika Bertemu
Biasanya, kata-kata berikut di gunakan saat kita berjumpa sahabat kita atau kerabat yang sudah lama tidak berjumpa :
1.       أَهْلاًوَسَهْلًا وَمَرْحَبًا(selamat datang) dan jawabannya adalah  أَهْلًابِكَ(selamat pada anda)
2.       نَحْنُ فِى شَوْقٍ إَلَيْكَ(Kami sangat merindukanmu) dan jawabannya adalah     وَنَحْنُ كَذَالِكَ 
(demikian juga kami)
3.       كَيْفَ حَالُكَ؟(Bagaimana kabarmu?) dan jawabannya adalah  أَنَابِخَيْرٍوَالْحَمْدُ لِلهِ
(alhamdulillah saya baik-baik saja)
4.       أَنَا سَعِيْدٌ بِهَذَا اللِّقَاءِ(Saya sangat senang bertemu dengan anda) dan jawabannya adalah وَأَنَا كَذَالِكَ (demikian juga saya)
F.       Sapaan Ketika Berpisah
Sapaan ini diucapkan ketika berpisah. Ucapannya adalah إِلَى اللِّقَاءِ  (sampai jumpa) dan jawabannya adalah مَعَ السَّلاَمَةِ  (sampai jumpa kembali). Dan biasanya kemudian pembicara awal mengucapkanفِى أَمَانِ اللهِ   (semoga dalam lindungan Alloh).
demikian keterangan singkat ini, semoga bermanfaat bagi yang membaca. untuk keterangan selengkapnya bisa menyusul. syukron katsiron!!! 
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Posting Komentar